Halaman

Rabu, 28 Maret 2012

Pentingnya Membangun Lembaga Corporate Governance Center di Perguruan Tinggi

Pentingnya good corporate governance (GCG) untuk kesuksesan perusahaan tidak dapat dipungkiri. GCG merupakan salah satu faktor utama pembentuk citra perseroan dimana perseroan yang aktif di dalam mengimplementasikan dan menyuarakan praktik-praktik good governance berpeluang lebih besar di dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan.

Pada sisi lain perkembangan pasar global menuntut untuk terjalinnya hubungan yang baik dan konstruktif antara Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha. Dengan demikian fokus utama yang harus dikembangkan oleh Perguruan Tinggi yaitu pengembangan kualitas Sumber daya Manusia dan membangun jaringan yang kuat sebagai bagian dari promosi universitas dan mahasiswa kepada dunia usaha (Perusahaan).

Kami melihat bahwa harus ada reformasi pola tatanan hubungan yang dibangun antara Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha. Selama ini pola yang dipakai adalah melalui kerjasama riset dan pengembangan yang melibatkan Dunia Usaha, pola ini memiliki kelemahan dimana skala riset masih di kuasai oleh beberapa Perguruan Tinggi besar di Indonesia, maka celah lain harus dimanfaatkan untuk membangun jaringan dan komunikasi dengan dunia usaha, yaitu dengan mengeksplorasi dan menciptakan kebutuhan perusahaan, maka isu-isu GCG adalah jawaban terhadap kebutuhan perusahaan saat ini.

Kenapa GCG penting bagi Perusahaan, Penerapan praktek-praktek GCG dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan memaksimalkan nilai perusahaan (corporate value) melalui best practice sharing dan jaringan sosial yang terbentuk akan memberikan peluang besar bagi pengembangan bisnis perusahaan selanjutnya.

Tujuan suatu organisasi, baik itu lembaga pendidikan tinggi maupun dunia usaha hanya akan dapat terwujud dengan usaha-usaha yang teratur dan terencana. Pendirian Corporate Governance Centre di sebuah Universitas dimaksudkan untuk memberi kerangka konseptual dan kerangka kerja pengembangan jaringan dan posisioning Universitas di mata dunia usaha yang searah dengan pengembangan sumber daya manusia didikannya. Beberapa tujuan tersebut adalah :

1. Membuat jaringan yang sistematis antara Universitas dengan Perusahaan-perusahaan di Indonesia.

2. Mengukuhkan posisi Perguruan Tinggi sebagai fasilitator informasi dan ide bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

3. Mengoptimalkan peran Universitas dalam memperkenalkan dan mengembangkan konsep, gagasan dan isu-isu mutakhir mengenai GCG pada Perusahaan-perusahaan di Indonesia.

4. Mengoptimalkan peran Universitas untuk mengembangkan isu-isu GCG kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia, akademisi dan masyarakat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar